Teh Daun Sirsak


Saat menjelang senja adalah saat yang nikmat untuk menikmati secangkir teh, ditemani keluarga maka waktu bersantai sore anda akan jadi waktu yang sangat indah.
Selain menjadikan waktu bersantai bertambah indah akan lebih baik jika sambil mengkonsumsi obat. Eeittz tenang saja, obatnya kali ini akan terasa enak, karena obatnya adalah teh yang menemani waktu bersantai anda.
Saat ini saya akan membahas tentang teh daun sirsak.
Daun sirsak sangat bermanfaat bagi tubuh antara lain :
1. Masalah Pencernaan
Mengkonsumsi daunnya dipercaya dapat membunuh cacing pita dan parasit yang masuk ke tubuh. Air rebusan dari daun sirsak juga dapat membersihkan tubuh dari racun dan parasit berbahaya.

2. Demam
Masyarakat di Jamaika, Haiti, dan India Barat percaya dan mempraktekkan pengobatan demam dengan menggunakan daun sirsak. Sari buah sirsak dan daun sirsak secara bersamaan dapat memberikan efek yang mendinginkan suhu tubuh.

3. Masalah Depresi
Cara kerjanya adalah dengan menghambat penyerapan serotonin pada otak. Serotonin sendiri adalah hormon yang mengatur suasana hati dan emosi seperti perasaan sedih dan senang. Penelitian lanjutan masih diperlukan untuk mengetahui dosis yang tepat dan batas maksimal untuk mengkonsumsinya.

4. Sebagai Penenang
Masyarakat Karibia dan Amerika Selatan telah sejak lama menggunakan daun sirsak beserta akar dan kulit batangnya sebagai obat penenang. Selain itu, kombinasi ini juga digunakan untuk mengatasi masalah jantung. Namun efektifitas dan efek samping dari resep tradisional ini belum pernah tercatat dalam jurnal medis manapun. Penelitian lanjutan masih perlu dilakukan.

5. Mengatasi Kanker
Banyak dokter yang menyarankan kepada pasiennya untuk rutin meminum teh sirsak sebagai suplemen selama terapi kanker. Banyak laboratorium di seluruh dunia juga yang telah menunjukkan bahwa senyawa fenolik yang terkandung dalam daun sirsak 1000 kali lebih efektif dibandingkan kemoterapi.

Oke, setelah kita tau manfaat teh daun sirsak ini kita akan bahas bagaimana cara membuatnya. Untuk membuat teh daun sirsak ini sangat mudah kok, yaitu:
1. Pemilihan daun – jangan memilih daun yang tua atau terlalu muda. Pilihlah daun yang segar dan masih dalam kondisi yang baik.
Pencucian daun – rendam daun pada baskom yang berisikan air yang bersih. Lalu dibersihkan lagi perlembar untuk memastikan bahwa daun bersih dari kotoran, debu, tanah dan partikel lain yang menempel.
Penirisan – setelah daun bersih dari berbagai partikel yang menempel padanya, saatnya meniriskan daun dalam keranjang khusus tirisan yang berlubang-lubang.
2. Perajangan – Rajang daun sirsak dengan pisau berbahan Stainless steel yang tajam agar rajangnya bagus. Lebih baik jangan potong dengan ukuran besar karena akan memperlambat proses pengeringan. Perajangan berfungsi untuk mempercepat proses pengeringan. Hasi rajangan disimpan dalam wadah yang bersih.
3. Pengeringan – cara pengeringan yang disarankan adalah dijemur di bawah matahari atau untuk cepatnya menggunakan oven. Biasanya menggunakan sinar matahari membutuhkan waktu tiga sampai lima hari dan selama proses pengeringan, daun harus dibolak-balik setiap 4 jam. Cara dioven hanya membutuhkan waktu selama 30 menit dengan suhu 60 derajat. Kedua cara ini yang disarankan.
4. Penyimpanan – sesudah daun kering simpan ditempat wadah yang bersih.

Well, terakhir adalah penyeduhan, tinggal kita seduh dengan air panas lalu saring airnya. Untuk pemanis bisa ditambahkan madu.
Oke selamat mencoba, dan nikmati sore anda yang indah.

Komentar